Instalasi Motor Listrik

Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Instalasi Motor Listrik

Kehadiran motor listrik dalam berbagai industri mesin mulai mendapatkan perhatian. Hal ini tidak lepas dari kemampuannya yang mampu dengan baik mengubah energi listrik menjadi gerak secara mulus. Tidak heran sekarang terdapat banyak sekali orang ingin tahu tentang instalasi motor listrik atau baagian-bagian motor listrik.

MENJALANKAN+MOTOR+3+FASA+SELAMA+10+DETIK+DENGAN+TIMER.jpg (1131×1600)

Apa Itu Instalasi Motor Listrik ?

Instalasi motor listrik merupakan sebuah kegiatan memasang motor listrik ke dalam mesin atau perangkat sehingga bisa bekerja secara maksimal dan optimal. Pada prakteknya terdapat dua kebutuhan dalam bentuk fasa yang biasanya orang pakai ketika hendak melakukan hal ini.

Pertama ada instalasi 1 fasa motor listrik yang akan menghubungkan terminal dan netral ke sebuah sumber tegangan. Semetara motor 3 fasa akan mengkoneksikan 2 hubungan dasar yaitu bintang dan juga segitiga magnet. Kegiatan dari 3 fasa tentunya lebih rumit sesuai kebutuhan.

Kebutuhan akan berbagai benda dengan mesin motor seperti, kendaran, alat rumah tangga blender, atau pendingin seperti kipas angin membuat aktivitas ini penting. instalasi atau pemasangan motor listrik pada sebuah alat dapat membuatnya bekerja lebih baik.

1.jpg (1273×1800)

Mengenal Instalasi 1 Fasa Motor Listrik

Rotor dan stator memainkan peran penting dalam aktivitas instalasi 1 fasa motor listrik. Kedua bagian ini memang saling membutuhkan satu salam lain dalam menggerakkan sebuah mesin ketika seseorang melakukan instalasi. Berikut penjelasan lebih dalamnya :

Menjalankan-motor-listrik-1-fasa-dengan-kontaktor-e1489158199406.png (514×493)

  1. Peran Stator dalam Instalasi 1 fasa

Dalam pemasangan 1 fasa, stator harus melengkapi dirinya dengan kutub magnet yang terdiri dari utara dan selatan. Pada satu juga harus sama dan melingkari rotor sehingga bisa menimbulkan fungsi suplai medan magnet dan kumparan pun menginduksi kutub.

Stator umumnya juga mendapatkan bantuan dari alata winding yang berfungsi dalam optimalisasi putaran rotor dalam pemasangan motor listrik 1 fasa. Tidak hanya itu, stator juga wajib orang lapisi dengan lamina berbahan silikon dan besi sehingga bisa meminimalisir tegangan terinduksi.

dol-1-phase-503x1024.jpg (503×1024)

  1. Peran Rotor dalam instalasi 1 Fasa

Rotor jadi bagian dari mesin motor listrik yang punya bentuk silinder dan bergerigi. Bentuknya ini tentu memiliki makna sebagai penghubung antara perangkat satu dan lainnya. Bahan dasar dari rotor sendiri berasal dari alumunium yang khusus orang rancang berbentuk gerigi.

Dalam praktek instalasi 1 fasa, rotor memiliki perang penting dalam menghubungkan antara satu komponen dan komponen lain sehingga dapat menyalakan mesin motor listrik dengan baik. Kemampuannya ini tentu sangat penting dalam menstabilkan proses pemasangan motor.

diagram+motor+listrik.jpg (608×318)

Prinsip Kerja Motor listrik dalam instalasi 1 Fasa

Setelah mengetahui perang dari bagian mesin motor dalam instalasi 1 fasa, mungkin Anda belum begitu memahami mengenai perumpamaan dari cara kerjanya. Contohnya saat memiliki sebuah motor induksi mode 1 fasa, maka sebuah sumber ada pada AC 1 fasa.

AC akan memberikan kepada stator winding dari motor. Kejadian ini akan membuat sebuah arud menjadi lebih teralirkan pada komponen lainnya. Fluks yang berhasil sumber AC hadirkan akan membuat stator winding tersebut menjadi fluk utama.

Misalnya saja sebuah rotor dari motor berputar sangat sedikit. Kondisi ini tentunya membuat sebuah konduktor pada rotor akan bergerak melewati stator winding. Konduktor pada rotor umumnya berjalan secara relatif terhadap fluksnya sehingga tegangan gaya gerak listrik berjalan sangat baik.

09609-motordc.png (444×213)

Mengenal Arus Stator dalam Instalasi 1 Fasa

Dalam sebuah pergerakan arus stator memang berasal dari kegiatan fluks bagian porosnya. Sementara arus dari rathore datang melalui fluks pada rotor itu sendiri. Masing masing fluks ini tentu akan memberikan dampak dan gaya putar pada rotor yang memang berlangsung secara berlawanan.

Merujuk pada hukum lorentz memang sebuah kabel akan mendapatkan aliran arus yang terdapat pada medan di dalam fluks di sekitar area magnetnya. Terjadinya gaya pada kabel tersebut akhirnya membuat stator dan rotor relatif memiliki gaya yang mirip.

Akan tetapi berkat arah gaya yang saling berlawanan membuat rotor tidak mampu berputar akibat kedua nya membawa arus dengan fungsi menghilankan. Hal ini juga membuat motor induksi mudah mengalami putaran agar salah satu gaya mampu tercipta. Inilah yang terjadi pada instalasi 1 fasa.

cada+merubah+arah+putaran+motor+1+phasa+%283%29.png (1280×800)

Mengenal Instalasi 3 Fasa Motor Listrik dari Tahapannya

Seperti penjelasan di awal paragraf jika instalasi 3 fasa akan melibatkan banyak komponen dengan rangkai yang lebih rumit. Akan tetapi, proses instalasi 3 fasa ini mampu memberikan gerakan dengan berbagai opsi seperti fitur timer. Untuk lebih mengenalnya berikut tahapannya :

  1. Menyediakan Alat MCB 3 Fasa

Jenis pertama adalah MCB yang merupakan alat untuk mengamankan rakian bila terjadi hubungan sementara atau singkat pada sebuah karangan beban dari motor listrik 3 fasa. Alat alat dalam MCB adalah kontraktor magnet dan juga Push button dengan fungsinya masing masing.

Kontaktor magnet memiliki fungsi untuk merubah kontak terbuka menjadi tertutup aau NO dan NC sistem. Aktivitas ini berdasarkan koil magnet. Sementara, push button menjadi alat dengan fungsi sebagai saklar untuk kontaktor magnet itu sendiri. Jadi keduanya saling berkaitan satu sama lain.

belajar-merakit-panel-motor-listrik-3-phase-panduan-lengkap.jpg (600×450)

  1. Tahapan Mengoperasikan NO dan NC

Setelah menyiapkan untuk melakukan kontak ini tadi, berikutnya Anda harus mulai mengoperasikan aktivitas NO dan NC. Kegiatan ini sering orang sebut juga dengan istilah kontak hubung. Ini merupakan aktivitas untuk memberikan fungsi sehingga kabel listrik dapat masuk.

Biasanya kontak hubung terbagi dalam dua sifat yaitu kontak masuk dan keluar. Kontak masuk keluar biasanya menggunakan kode 1&3 atau 2&4 dan seterusnya. Sementara istilah NO berarti Normaly open dan NC untuk kontak hubung Normaly close.

maxresdefault.jpg (1280×720)

  1. Tahapan Pembuatan Instalasi 3 Fasa

Dalam prakteknya instalasi 3 fasa pada motor listrik memiliki rangkaian dasar dalam memberikan putaran pada motor. Untuk pembuatannya sendiri membutuhkan 3 komponen dasar seperti penjelasan sebelumnya yaitu MCB, Kontaktor, Push Button, serta Stop dan Start.

Komponen ini akan melakukan putaran kendali 1 arah sehingga menghasilkan sebuah gerakan pada mesin. Kegiatan ini akan berlangsung secara terus menerus sehingga nantinya dapat memberikan hasil luar biasa pada pergerakan benda. Berkat kinerja pemutaran ini benda seperti kipas angin bisa gerak.

prinsip-kerja-magnetic-contactor-atau-kontaktor-dan-terminal-no-nc.jpg (600×350)

  1. Tahapan Pembacaan Rangkaian Kendali

Setelah melalui 3 tahapan di atas, Anda harus bisa memahami dan membaca bagaimana rangkaian sebuah instalasi motor listrik 3 fasa berjalan. Sebelum menjalankan sebuah mesin biasanya akan ada sketsa pembuatan rangkaian terlebih dahulu.

Memperhatikan gambar rangkaian kendali motor listrik akan membuat seseorang mengerti bagaimana mesin bekerja. Setelah melalui pengamatan barulah mulai merakit dan juga menginstalasi jalur demi jalur sesuai dengan gambar rangkaian kendali yang ada. .

Demikian informasi dari nasionalbisnis mengenai instalasi motor listrik atau harga motor listrik. Memperhatikan perangkat atau benda elektronik dengan memanfaatkan motor listrik sebagai penggeraknya menjadi cara terbaik untuk memahami bagaimana instalasi motor listrik berjalan dan beroperasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.