Bagian Bagian Motor Listrik

Mengenal Bagian Bagian Motor Listrik sebelum Membelinya

Motor listrik merupakan salah satu mesin yang membantu hampir semua perangkat elektronik dalam bekerja. Pastinya Anda pernah melihat kipas angin dan blender berputar. Gerakan itu berhasil tercipta berkat komunikasi antar bagian bagian motor listrik yang saling beroperasi.

Apa itu Motor Listrik ?

Motor listrik adalah alat atau mesin yang memiliki fungsi untuk mengubah energi listrik menjadi gerak. Perangkat satu ini termasuk dalam kategori alat listrik dengan sifat dinamis dalam menghasilkan gerakan. Cara kerja dari motor listrik berpusat pada gaya tarik magnetnya.

Dalam dunia mangent mungkin Anda sudah mengenal namanya tarikan kutub. Mesin motor memanfaatkan kemampuan gaya tarik magnet antar kutub ini sehingga dapat menghasilkan atau membuat sebuah benda bergerak.

Sejauh ini motor listrik telah banyak orang gunakan dalam berbagai kebutuhan misalnya untuk membuat sebuah kipas angin bergerak, blender, sampai dengan menggerakan sepeda bermotor dan mobil. Mesin motor sendiri terdiri dari beberapa bagian sehingga dapat menghasilkan gerak.

ar+33-960w.jpg (793×600)

Mengenal Bagian Bagian Motor Listrik dan juga Fungsi

Untuk lebih bisa memahami motor listrik atau harga motor listrik tentunya Anda harus mengenali bagian bagian motor listrik. Setiap bagian memiliki peran dan fungsinya untuk membantu sebuah motor menghasilkan gerakan. Berikut adalah beberapa bagian motor listrik beserta fungsinya :

  1. Stator

Bagian utama dari motor listrik sering orang sebut juga dengan nama strator. Komponen satu ini langsung terkoneksi dengan kinerja sebuah motor saat bergerak. Strator sendiri merupakan sebuah lilitan berbahan tembaga sintetis dan biasanya terletak di pros utama.

Fungsi utama dari komponen ini adalah membangkitkan medan yang ada pada magnet tepatnya di area rotor. Sementara bahan dasar dari stator sendiri berasal dari lempengan besi kemudian di lapisi dengan lilitan tembaga. Umumnya setiap motor terdiri dari 3 buat stator coil ini.

Konstruksi-Motor-Induksi-Automated-Buildings.jpg (501×277)

  1. Rotor Coil

Kemudian ada bagian yang namanya Rator pada sebuah motor yang memiliki sifat dinamis. Meskipun memiliki kesamaan bentuk dengan stator namun fungsi dan juga kerja nya beda. Lilitan tembaga pada rotor bersifat dinamis sehingga langsung bersatu dengan main shaft mesin.

Kemampuan rotor coil dalam menggerakan mesin tergantung pada jumlah lilitannya. Semakin besar dan tebal putaran lilitan maka hasil gerakan juga semakin bagus. Ujung lilitan dari rator terletak di pucuk poros utama mesin dan saling terhubung satu sama lain.

img-Konstruksi-Motor-DC.jpg (498×328)

  1. Main Shaft

Main Shaft merupakan bagian motor listrik yang berbahan dasar logam berbentuk panjang. Biasanya orang gunakan untuk menempel beberapa komponen lain. Main shaff kerap kali Anda temukan menempel di area poros pada bagian drive pulley.

Biasanya poros utama dari komponen ini terbuat dari aluminium yang sifatnya anti karat. Tidak hanya itu main shaft sering menjadi kunci sebuah putaran mesin motor stabil dengan suhu tinggi. Secara keseluruhan komponen ini memiliki peranan sangat penting dalam mesin motor.

img-komponen-motor-dc-dan-fungsinya.jpg (431×265)

  1. Brush

Brush merupakan sebuah tembaga berbentuk sikat yang jadi bagian dalam motor listrik untuk menghubungkan arus listrik ke area rotor coil. Biasanya komponen ini bisa Anda lihat sedang menempel pada rotor kecil tepatnya area ujung rator utama.

Hasil gesekan yang terjadi akhirnya mampu mengalirkan arus ke arah yang sama walaupun putaran rotor berbeda. Gesekan ini juga mendapatkan optimalisasi dari pegas yang tepat berada di area belakang sikat tembaga. Pegas akan selalu menekan brush sehingga membuatnya menempel pada rator.

img-Bagian-Rotor-Motor-DC.jpg (356×198)

  1. Bearing

Bearing merupakan sebuah komponen pada mesin motor yang berfungsi sebagai bantalan supaya putaran motor listrik berjalan semestinya. Pergerakan putaran motor yang mulus murni berkat kinerja dari bearing. Jika komponen ini tidak bekerja dengan baik maka motor listrik tidak dapat berputar.

Berfungsi sebagai bantalan membuat bearing berada di antara permukaan motor housing dan poros dalam pergerakan mesin motor. Selain itu bearing biasanya terbuat dari aluminium yang punya gaya gesek ringan. Kondisi ini secara tidak langsung melancarkan putaran motor.

img-komponen-motor-dc-dan-fungsinya.jpg (431×265)

  1. Drive Pulley

Drive pulley merupakan bagian dari motor listrik yang posisinya tepat di luar poros utama. Fungsi dari komponen ini adalah mentransfer putaran motor sehingga tersalurkan ke bagian lainnya. Drive pulley juga memiliki perang penting untuk memastikan supply gerakan saling terintegrasi.

Sementara itu, komponen ini biasanya memiliki bentuk menyerupai gear. Bentuknya yang berbentuk gear menjadi penegas jika fungsi utama dari perangkat ini adalah menghubungkan komponen satu dan lain dari motor listrik sehingga bergerak secara stabil.

5.JPG (302×217)

  1. Motor Housing

Motor housing menjadi salah satu bagian dari motor listrik yang memiliki kemampuan untuk melindungi semua komponen dari beberapa gangguan luar. Ketika melihat komponen ini bentuk dan pemasangan menyerupai seperti baju yang memberikan perlindungan kepada rotor.

Untuk bergerak secara baik dan normal tentunya motor listrik harus bekerja tanpa gangguan. Motor housing tentu punya peran dan kontribusi besar untuk melindungi motor listrik dari beberapa gangguan sehingga bisa berjalan sesuai kapasitasnya.

Keunggulan dari Mesin Listrik ?

Berkat adanya motor listrik maka sekarang tersedia banyak sekali alat transportasi yang mulai berganti ke listrik. Sekarang sudah ada sepeda motor listrik dan mobil listrik. Kenapa semua perangkat mulai beralih ke motor listrik ? berikut alasannya :

Picture1-ba7c0d8a-960w.png (409×200)

  1. Suara Mesin Tidak Mengganggu

Alasan pertama kenapa keberadaan motor listrik penting adalah dapat menggerakan sebuah benda tanpa harus mengeluarkan suara keras. Tentunya kondisi ini sangat ramah lingkungan juga memberikan keuntungan luar biasa.

Suara motor ini sangat halus yang membuat semua orang lebih percaya diri memanfaatkannya. Motor listrik dapat bergerak dengan cepat dan efektif walaupun suaranya lembut. Komposisi yang membuat keberadaannya sangat orang perlukan.

  1. Punya Efisiensi Tinggi

Efisiensi dari mesin motor listrik juga sangat tinggi karena tidak memerlukan bahan bakar. Berbekalkan kekuatan yang berasal dari energi listrik tentunya memberikan Anda keuntungan yang luar biasa. misalnya motor listrik yang tidak membutuhkan bahan bakar.

Bahan bakar pada motor biasanya menjadi biaya yang paling banyak perlu Anda keluarkan. Menggunakan motor listrik membuat pengguna tidak perlu memikirkan hal seperti ini lagi karena untuk bergerak mesin listrik hanya memerlukan energi dari daya yang berasal dari sistem charger.

  1. Akselerasi Lebih Spontan

Akselerasi dari motor listrik kebanyakan orang nilai lebih spontan dari pada motor konvensional. Tentunya kondisi ini tercipta berkat ketidakberadaan bahan bakar minyak dalam bergerak sehingga akselerasi lebih spontan. Kondisi ini akan membuat pengguna lebih nyaman.

Pergerakan yang apa adanya ini bukan berarti membuatnya memiliki kecepatan yang lambat. Kebanyakan motor listrik bisa menawarkan kecepatan tidak kalah hebatnya yaitu bisa mencapai 100 km per jam. Ini sudah cukup cepat dalam berkendaraan.

Demikian informasi dari nasionalbisnis mengenai bagian bagian motor listrik atau cara kerja mobil listrik. Alat satu ini memang memiliki perang penting dalam menggerakan berbagai mesin elektronik saat ini. Kehadirannya menjadi inovasi terbaik dalam perkembangan teknologi sejauh ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.