Kelebihan Mobil Listrik

Inilah 6 Kelebihan Mobil Listrik yang Jarang Orang Ketahui

Kecanggihan teknologi sekarang ini menghadirkan sebuah kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Tentunya hal tersebut tidak lepas dari berbagai kelebihan mobil listrik atau kekurangan mobil listrik. Sayangnya, masih ada banyak orang belum mengetahuinya. Padahal, pemerintah sudah mendukung penuh perkembangannya di tanah air.

Apa Saja Kelebihan Mobil Listrik ?

Anda tentu penasaran mengenai apa saja kelebihan mobil listrik dari kendaraan konvensional pada umumnya. Terlebih, saat ini juga sudah ada banyak produsen menggabungkan teknologi khusus sehingga kendaraan bisa berjalan baik dengan tenaga listrik maupun bensin. Di bawah ini kelebihannya:

  1. Bebas Kebijakan Ganjil Genap

Kelebihan menggunakan mobil listrik yang pertama adalah pengemudi dapat terbebas dari kebijakan ganjil maupun genap. Walaupun saat ini masih berlaku di DKI Jakarta saja, akan tetapi tentu menjadi keunggulan tersendiri sehingga tidak perlu khawatir apabila kebijakannya diberlakukan.

jokowi-resmi-luncurkan-mobil-listrik-pertama-made-in-indonesia-2.jpeg (700×467)

Adapun aturan ini berdasarkan Pergub DKI Jakarta. Tepatnya Nomor 88 Tahun 2019. Tentu saja kebijakannya bermaksud untuk memberi dukungan terhadap perkembangan mobil listrik di tanah air. Yakni dengan cara pemberian insentif baik pada orang perorangan yang memakai kendaraan dengan baterai listrik.

  1. Proses Charger Mudah

Kendaraan yang bergerak memanfaatkan baterai listrik ini tentunya perlu Anda lakukan isi ulang. Tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut, pasalnya proses chargernya terbilang sangat mudah. Sampai bulan Agustus 2022 sendiri setidaknya sudah tersedia 346 unit stasiun untuk mengisi daya listriknya.

Setiap unitnya tersebar di 295 lokasi, khususnya DKI Jakarta, Bali, Tangerang, dan sekitarnya. Hingga sekarang pun PLN terus melakukan pengembangan mengenai kehadiran SPKLU atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memasang wall charger untuk isi ulang dari rumah dengan mudah.

  1. Biaya Pajak Terjangkau

Baik mobil listrik maupun konvensional, pada dasarnya keduanya memiliki aturan untuk pembayaran pajak. Hanya saja, terdapat perbedaan antara dua jenis kendaraan tersebut sehingga hal ini juga memberikan keuntungan tersendiri apabila memilihnya. Anda bahkan hanya memerlukan biaya sekitar 10% saja.

hyundai-081220-1.jpg (700×393)

Lalu terdapat juga kebijakan dimana pemilik mobil maupun motor listrik terbebas untuk membayar BBNKB atau bea untuk balik nama kendaraan serta PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Meski berlaku di tahun 2025 bulan Januari, akan tetapi hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri sehingga biaya penggunaannya pun hemat.

  1. Biaya Operasional Lebih Hemat

Apabila membandingkannya dengan kendaraan konvensional pada umumnya, maka mobil listrik cenderung mempunyai biaya operasional yang lebih hemat. Contohnya saja saat menempuh perjalanan hingga 100 kilometer, maka hanya akan memerlukan sekitar 12 kWh.

manfaat-mobil-listrik-dc6f6.jpg (560×360)

Soal tarif pengisian ulang daya listriknya sendiri hanya memerlukan sekitar Rp 2.500 per kWh. Dengan begitu, Anda hanya perlu membayar Rp 30.000 saja. Berbeda dengan kendaraan konvensional dengan jarak yang sama maka pengemudi perlu 10 liter bensin atau mencapai Rp 139.000 rupiah jika per liternya Rp 13.900.

  1. Biaya Perawatan Relatif Murah

Tidak hanya biaya operasional yang lebih hemat, biaya perawatan mobil listrik juga terbilang cukup terjangkau. Meski Anda perlu membeli dengan harga cukup tinggi tetapi saat merawatnya tidak perlu merogoh biaya terlalu dalam daripada kendaraan konvensional pada umumnya.

mobil-listrik-2023-terbaru.jpg (800×465)

Hal tersebut karena kehadiran mobil listrik sudah berbekal teknologi canggih. Proses pergerakannya berasal dari daya baterai di dalam kendaraan sehingga menjadikannya sangat ramah lingkungan. Kehadirannya juga rendah emisi bahkan tidak tersedia sistem pembuangan. Tentu tidak perlu mengganti oli atau merawat spare part lainnya.

  1. Tidak Menghasilkan Residu Emisi

Keunggulan atau kelebihan lainnya yang ada pada mobil listrik adalah tidak akan menghasilkan redisu emisi. Dengan begitu, hal ini menjadi sebuah alasan mengapa kehadirannya sangat ramah lingkungan bahkan tidak menimbulkan adanya polusi.

01gkzmz977avn6t11qmz1bw6hj.jpg (640×480)

Kendaraan jenis ini akan memanfaatkan daya listrik pada proses pergerakannya. Dengan begitu, mekanisme lajunya berdasarkan energi tersebut bukan bensin maupun solar yang bisa menghasilkan residu seperti CO ataupun CO2. Tentunya turut membantu juga untuk mengurangi paparan polusi di perkotaan.

  1. Suara Mesin Lebih Halus

Saat Anda mengemudi menggunakan mobil listrik, maka suara mesinnya terbilang jauh lebih halus. Selain itu, kendaraan ini juga tidak berisik sehingga menjadikan penumpangnya semakin nyaman untuk melakukan perjalanan. Tentunya sangat cocok juga apabila ingin terhindar dari suara-suara mengganggu.

Hyundai-Ioniq-6-alt-Gear.jpg (800×533)

Selain itu, Anda juga lebih nyaman untuk berkendara di jalan karena bisa berkonsentrasi secara penuh tanpa khawatir terganggu dengan suara bising dari laju kendaraannya sendiri. Kehalusan suaranya juga menjadikan kabin mobil semakin tenang. Sangat cocok untuk menikmati perjalanan bersama keluarga termasuk anak-anak.

  1. Performa yang Gesit

Mobil listrik pada dasarnya mempunyai torsi yang bersifat instan. Hal tersebut menjadikan kendaraanya bisa langsung mencapai puncak torsi meski Anda baru saja menginjakkan kaki di bagian pedal akseleratornya. Berbeda dengan konvensional yang tidak bisa melakukannya.

MG4-1.jpg (800×450)

 

Keadaan tersebut juga secara otomatis menjadikan mobil listrik dapat melaju secara lincah dan gesit. Terutama saat Anda menggunakannya dalam keadaan stop and go. Tidak heran jika soal performanya sudah tidak perlu diragukan lagi karena memang sangat handal di jalan.

  1. Perjalanan Lebih Mulus

Berkendara menggunakan mobil listrik juga akan menjadikan perjalanan Anda lebih mulus. Hal ini lagi-lagi karena mesinnya yang tidak mengeluarkan suara bising. Tentu saja mampu memberikan kenyamanan kepada para penggunanya sehingga cocok ketika ingin membawa anak-anak.

Anda juga sudah tidak perlu khawatir soal mobil yang bergetar saat melaju dengan kecepatan tinggi. Berkat suara mesinnya yang halus, maka hal tersebut sangat mudah dihindari. Berkendara tentu menjadi pengalaman menyenangkan bersama keluarga.

  1. Aman Berkendara

Keunggulan lainnya adalah aman dan nyaman berkendara. Tentunya hal ini perlu Anda pertimbangkan saat ingin membeli mobil jenis listrik. Kehadirannya sendiri sudah teruji lewat proses khusus. Contohnya uji vibrasi maupun guncangan, uji tahan api dan air, uji ketahanan kendaraan, serta masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat pula fitur canggih bernama Intelligent Transport System atau ITS yang berfungsi untuk mematikan aliran listrik ketika mengalami kecelakaan sehingga mesinnya pun ikut mati. Kemudian bagian air bags juga akan terbuka secara otomatis. Tentu semuanya bertujuan untuk meminimalisir cidera.

  1. Tidak Terpengaruh oleh Kenaikan BBM

Seperti yang Anda ketahui, mobil konvensional akan memanfaatkan bahan bakar berupa bensin sebagai sumber tenaga utamanya. Tidak heran jika penggunaannya akan sangat terpengaruh mengenai harga BBM. Apabila terdapat kenaikan maka biaya operasionalnya pun semakin meningkat.

Berbeda ketika Anda menggunakan mobil listrik. Tentunya, sudah tidak perlu pusing lagi mengenai kenaikan harga BBM. Pasalnya, kendaraan ini tidak memerlukan bensin sebagai sumber tenaganya untuk melaju. Pengguna hanya perlu melakukan pengisian daya listrik ulang dengan biaya terjangkau.

  1. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Seperti yang Anda ketahui, mobil listrik mempunyai harga yang jauh lebih mahal daripada kendaraan konvensional. Akan tetapi, sebenarnya hal tersebut hanya termasuk pada hitungan awalnya saja. Pasalnya, pengguna sudah tidak perlu lagi membeli bensin ataupun mengganti oli mesinnya.

Dengan begitu, Anda hanya perlu mengisi ulang baterainya di stasiun pengisian maupun rumah masing-masing yang dipasang wall charger. Tidak heran jika pengguna juga bisa memanfaatkannya sebagai langkah untuk investasi dalam jangka panjang ke depan terutama dalam menghemat pengeluaran.

Dengan adanya berbagai kelebihan mobil listrik atau harga mobil listrik di atas, tentunya sudah menjadikan Anda semakin yakni mengenai kualitasnya. Terlebih, pemerintah juga mendukung penuh dengan perkembangan kendaraan ini sehingga tidak perlu ragu apabila ingin membelinya sebagai kendaraan sehari-hari agar lebih nyaman.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.