Penemu Mobil Listrik

Penemu Mobil Listrik Pertama dan Sejarah Perkembangannya

Anda tentu penasaran siapakah penemu mobil listrik pertama kalinya atau berapa pajak mobil listrik. Sampai sekarang ini sendiri perkembangannya semakin pesat. Terlebih, pemerintah Indonesia juga sudah mendukung kehadiran kendaraan tersebut. Tentunya masyarakat bisa memilikinya dengan mudah.

Siapa Penemu Mobil Listrik Pertama?

Thomas_Parker_Electric_car_bqhsrv_ifsqtl.jpg (640×441)

Kehadiran mobil listrik sebenarnya sudah berawal dari abad ke-18. Saat itu, ada banyak ilmuwan seperti dari Amerika Serikat, Belanda, hingga Hungaria berfokus pada pembuatan kendaraan tenaga baterai. Mereka bahkan sempat memproduksinya walau masih dalam skala kecil-kecilan.

Kemudian, memasuki perkembangan selanjutnya tepatnya di tahun 1832 salah satu pria asal Inggris bernama Robert Anderson mulai mengembangkan kendaraan roda tiga dengan sumber energi dari baterai listrik. Adanya penemuan tersebutlah termasuk sebagai pengembangan tenaga listrik pertama kalinya.

Sampai saat ini sendiri perkembangannya begitu pesat. Terbukti dengan berbagai negara yang memproduksi kendaraannya. Pasalnya, ada banyak keunggulan memakainya seperti lebih ramah lingkungan, sistem pembakaran energinya praktis, hingga biaya pajaknya di Indonesia terbilang lebih rendah.

Sejarah Perkembangan Mobil Listrik dari Tahun ke Tahun

Berawal dari para penemu mobil listrik, tentunya tercatat sejarah perkembangan yang semakin meningkat dari tahun ke tahunnya. Tentu kehadirannya di pasaran menjadi penemuan baru sehingga harapannya dapat membantu mencegah adanya pemanasan global. Agar lebih jelas, maka simak tahapan sejarahnya berikut:

  1. Era Robert Anderson

Pada tahu 1832, salah satu pria kebangsaan Inggris bernama Robert Anderson berhasil mengembangkan kendaraan roda tiga dengan penggeraknya berupa baterai listrik. Tidak heran jika ia tercatat sebagai penemu mobil listrik pertama yang ada di dunia.

penemu_mobil_listrik_pertama.JPG (400×324)

Tentunya, perkembangan tersebut berhasil meningkat secara pasti dari tahun-tahun setelahnya. Terdapat penemu-penemu lain yang sukses mengembangkan kendaraan dengan daya listrik tersebut. Tentunya penemuan tersebut mampu menjadi solusi untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar fosil.

  1. Era William Morrison

Setelah kepopuleran kendaraan listrik buatan Robert Anderson asal Inggris, ternyata hal tersebut menjadi sebuah awal bagi ahli kimia sukses asal Amerika bernama William Morrison dalam membuat mobil listrik. Hal tersebut terjadi tepatnya pada akhir abad ke-18.

Morrison-Electric-1890_kbna3w_talyev.jpg (640×480)

Merupakan seorang ahli kimia yang mengawali debut pembuatan kendaraan dengan sumber energi baterai listrik pada tahun 1890. Tidak tanggung-tanggung, mobil buatan William Morrison tersebut dapat memuat sampai 6 orang penumpang sekaligus. Adapun kecepatannya hingga 22 kilometer per jamnya.

  1. Berkembangnya Kendaraan Listrik di New York

Setelah keberhasilan William Morrison dalam menciptakan mobil listrik di akhir abad ke 18, ternyata hal ini membuat Kota New York dipenuhi dengan model kendaraan yang memakai daya listrik. Tentu saja kehadirannya termasuk era baru karena belum ada sebelumnya.

mobil_listrik_pertama.JPG (370×400)

Seperti dengan hadirnya sekitar 60 taksi listrik di tengah-tengah Kota New York. Setelah masuk ke abad 19-an, mobil listrik memasuki era kepopuleran dan kejayaannya. Selanjutnya, mulailah ada banyak peningkatan penjualan dari kendaraan tersebut.

  1. Era Ferdinand Porsche

Memasuki tahun 1898, Ferdinand Porsche berhasil membuat mobil listrik yang ia namai P1. Selain itu, terdapat ciptaan baru lagi yang ia prakarsai yaitu mobil hybrid. Tentunya kendaraan tersebut menduduki peringkat pertama pada penemuan mobil yang dapat bergerak memakai dua sumber energi.

1024px-Lohner_Porsche_vi205i_kcafth.jpg (640×427)

Tidak lain yaitu bensin dan juga listrik. Dengan begitu, kedua sumber energi tersebut dapat berfungsi satu sama lain. Hingga saat ini pun sudah ada banyak produk-produk mobil yang juga berjenis hybrid. Tidak heran jika penemuan oleh Ferdinand Porsche tersebut semakin berkembang dari tahun ke tahun di berbagai negara lainnya.

  1. Era Henry Ford dan Alva Edison

Memasuki abad ke-19, pada awalnya kuda masih orang-orang pakai sebagai transportasi utama mereka. Akan tetapi, pada saat itu mobil/motor temuan dari Henry Ford mulai diperkenalkan. Ia bahkan bekerjasama dengan Alva Edison sehingga berhasil mengembangkan kendaraan listrik di tahun 1914.

Ford-Model-T_e1ybbl_lyxg2z.jpg (640×478)

Harganya pun cukup terjangkau dengan model T. Tidak ketinggalan juga Charles Kettering mengenalkan kendaraan buatannya menggunakan starter listrik berbahan dasar bensin. Dari situlah, perkembangan mobil jenis ini perlahan semakin meningkat di Amerika sehingga terus berkembang ke tahun berikutnya.

  1. Produksi Mobil Jip Listrik

Seperti pada penjelasan sebelumnya, Amerika memiliki perkembangan yang cukup pesat mengenai kendaraan listrik. American Motor Company sendiri berhasil mengeluarkan mobil jip listrik kemudian sangat berguna di kantor pos saat itu. Hal ini terjadi di tahun 1975.

Citicar-collage_tubm9r_qfzt4i.jpg (640×391)

Kehadirannya pun tentu mendorong banyak pihak untuk turut mengembangkan kendaraan berbahan dasar listrik tersebut. Terlebih, dengan sistem bahan bakar dari baterai seperti ini tentunya terbilang jauh lebih praktis karena tidak menghasilkan emisi seperti bensin.

  1. Era Roger Smith

Seiring berkembangnya waktu, tepat di tahun 1988 Roger Smith selaku pemimpin dari General Motors mulai memproduksi mobil listrik juga. Ia sendiri bekerja sama dengan AeroVironment dari California. Tentu ini juga mengawali terbentuknya kendaraan di tahun 2000-an.

2711398372.jpg (700×452)

Adapun kendaraan yang berhasil diciptakan yakni EV1. Akan tetapi, produksi mobil listrik tersebut baru dimulai di tahun setelahnya. Yaitu pada periode 1996 sampai dengan 1999. Pasalnya, pembuatannya tentu memerlukan banyak waktu.

  1. Era Produsen Mobil Listrik Asal Jepang

Jika sebelumnya mobil listrik berkembang pesat di Amerika, berbeda pada tahun 1977 dimana kendaraan jenis ini cukup populer di Jepang. Terbukti dengan kehadiran Toyota yang sukses memproduksi Toyota Prius. Yaitu mobil hybrid dengan produksi cukup massal pada saat itu.

toyota_prius_mobil_listrik.JPG (400×225)

Produk keluaran Toyota tersebut bahkan berhasil terjual mencapai angka 18.000 unit. Tidak hanya itu, pada masa tersebut masih sebenarnya masih ada produsen-produsen mobil besar yang juga mengeluarkan mobil listrik. Hanya saja mereka tidak melepaskannya ke pasaran.

  1. Era Terbaru Mobil Listrik Elon Musk

Beralih ke tahun 2003, dengan mengejutkan General Motor menyatakan bahwa mereka sudah tidak memproduksi kendaraannya yakni EV1. Kemudian, beberapa tahun setelahnya, munculah Tesla Motor yang dipimpin oleh Elon Musk. Ia mulai mengenalkan mobil listrik sport di hadapan publik bernama Tesla Roadster.

Perkenalan kendaraan ini bahkan dilakukan di pameran International Auto Show. Tepatnya di San Fransisco pada bulan November. Tidak tanggung-tanggung, harganya cukup fantastis karena mencapai sekitar 98.950 dollar. Hal ini juga menjadikan kendaraan listrik berkembang kembali di berbagai dunia.

  1. Era Mobil Listrik di Amerika

Tepat tahun 2019, Ford, Tesla Motor, dan Nissan mendapatkan pinjaman sejumlah 8 milyar dari Departemen Energi Amerika Serikat. Adapun dana tersebut mereka berikan dengan tujuan untuk melakukan pengembangan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Dari situ, Nissan mulai mengenalkan produk mobil listrik buatannya. Bernama LEAF dengan kecepatan mencapai 114 kilometer per jam. Dari tahun tersebutlah di pasaran sudah banyak sekali kendaraan sumber energi listrik beredar. Di Indonesia sendiri mulai berkembang di tahun 2019.

Dengan adanya perkembangan teknologi kendaraan yang semakin pesat di atas, tentunya tidak terlepas dari penemu mobil listrik atau mobil listrik buatan indonesia. Kehadirannya bahkan menjadi pencetus awal mula ditemukannya sumber energi selain dari bahan bakar fosil. Terlebih, pemerintah di berbagai negara pun turut mendukung hal ini. Demikian ulasan dari nasionalbisnis semoga bisa menambah pengetahuan anda tentang penemu mobil listrik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.