Dinamo Mobil Listrik

Mengenal Dinamo Mobil Listrik dan Peran Pentingnya untuk Menggerakkan Kendaraan

Salah satu alat khusus yang memiliki peran penting dalam kendaraan adalah dinamo mobil listrik atau baterai mobil listrik. Kehadirannya bertugas untuk mengubah energi daya listrik menjadi mekanik. Kemudian dari proses tersebut akan menghasilkan tenaga khusus sehingga kendaraan jenis ini bisa melaju.

Pengertian dan Peran Penting Dinamo Mobil Listrik

ZFkaGP6ebW.jpg (480×320)

Tahukah Anda, bahwa mobil listrik sebenarnya sudah berkembang sejak awal abad ke-20 di luar negeri. Tentunya, tidak heran jika sampai saat ini pun kepopulerannya semakin meningkat termasuk di Indonesia. Hanya saja, peminatnya tidak sebanyak mobil konvensional pada umumnya.

Mobil listrik sendiri mulai merambah pasar Indonesia tepat pada tahun 2012. Tentunya, kehadirannya sampai saat ini sudah disematkan dengan teknologi paling baru dan tercanggih. Seperti dengan adanya dinamo yang merupakan alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

Dengan begitu, dari energi listrik yang tersedia di dalam mobil maka akan berubah menjadi energi mekanik sehingga terciptalah sebuah tenaga untuk menggerakkan kendaraan. Tidak heran jika proses penggunaan kendaraan ini tidak melibatkan bahan bakar seperti solar maupun bensin.

Berapa Harga Dinamo Penggerak Mobil Listrik di Pasaran?

Setelah mengetahui pengertiannya, Anda tentu memahami seperti apa peran penting alat ini. Kehadirannya memang sangat krusial untuk menciptakan tenaga agar kendaraan bisa melaju atau bergerak ke depan sesuai kebutuhan pengemudinya.

Lalu, berapakah kisaran harganya di pasaran? Saat ini sendiri sudah ada banyak merk dinamo penggerak mobil listrik tersebar di pasaran. Tentunya, setiap jenisnya mempunyai spesifikasi berbeda-beda. Begitu juga dengan harganya yang cukup beragam sehingga tidak sama satu dengan lainnya.

Adapun kisarannya mencapai Rp 5-10 juta-an di pasaran. Tergantung merk dan jenis dinamo itu sendiri. Alat ini sendiri dapat Anda beli secara terpisah sesuai kebutuhan masing-masing. Oleh karenanya penting untuk selalu merawat mobil listrik agar bagian penting tersebut tidak mudah mengalami kerusakan.

Beberapa Komponen Pendukung Mobil Listrik

outlander ph.jpeg (963×640)

Berbicara mengenai mobil listrik, kurang lengkap rasanya apabila Anda masih belum mengetahui apa saja komponen-komponen di dalamnya. Terlebih, bagian-bagian tersebut termasuk lebih sederhana daripada kendaraan konvensional. Di bawah ini selengkapnya:

  1. Charger Baterai

Charger merupakan salah satu komponen pendukung mobil listrik yang berguna untuk mengisi daya. Hanya saja, umumnya tidak semua jenis kendaraan listrik mendukung alat ini. Pasalnya, tidak semua produk di pasaran yang menghadirkan charger secara lengkap.

Electric-Car-Charging-1200x800-1-e1622613329858.jpg (800×534)

Ketika charger sudah terpasang pada stasiun pengisian ulang, maka daya listrik akan terisi ke baterai. Dengan begitu, arus AC dari sumber listrik eksternalnya akan berubah menjadi arus DC, kemudian langsung memenuhi baterainya.

  1. Baterai Traksi

Mempunyai fungsi untuk menyimpan daya listrik sekaligus berperan dalam penyaluran arus listrik DC ke inverter saat pengemudi memerlukannya sehingga bagian motor traksi dapat bergerak. Baterai traksi ini tentunya terbuat dari material dengan struktur khusus sehingga sifatnya kuat dan kokoh.

Penggunaannya juga tidak mudah mengalami kerusakan. Bahkan mampu terpakai hingga berkali-kali dengan pengisian ulang daya listrik. Saat ini sendiri di pasaran sudah ada banyak jenis baterai traksi beredar. Adapun yang paling terkenal dan sudah banyak terpakai adalah Lithium-ion Battery.

  1. Inverter

Ketika inverter sudah menerima arus DC dari baterai traksi, maka energi dayanya akan diubah menjadi arus AC. Adapun tujuannya adalah agar motor traksi dapat bergerak. Adapun peran penting lainnya seperti saat pengemudi melakukan pengereman sehingga arus akan berubah dari AC ke DC.

Untitled-31.png.webp (768×512)

Pengubahan arus listrik ini nantinya akan kembali dayanya ke baterai traksi. Tidak heran jika perannya begitu penting demi kelancaran pergerakan mobil listrik tanpa adanya hambatan. Selain itu, kendaraan juga dapat lebih menghemat penggunaan dayanya.

  1. Transmisi

Transmisi adalah sebuah komponen kendaraan yang nantinya akan membantu mobil listrik mengatur daya mekanis dari motor traksi. Dengan begitu, energi tersebut dapat pengemudi manfaatkan untuk menggerakkan bagian roda.

Untuk cara kerja transmisi atau transmission pada mobil listrik ini sendiri cenderung sama dengan mobil konvensional. Tidak heran jika kehadirannya sama-sama penting sehingga tetap diperlukan baik itu saat mengemudikan kendaraan memakai bahan bakar pada umumnya ataupun energi dari daya listrik.

  1. Motor Traksi

Selain beberapa komponen di atas, terdapat pula motor traksi yang berfungsi sangat vital. Terutama dalam hal menggerakkan transmisi kendaraan serta rodanya. Tidak heran jika biasanya di dalamnya terdapat lebih dari satu motor traksi. Adapun istilah lainnya adalah dinamo sehingga tentu Anda tidak asing lagi.

dinamo-mobil-listrik.jpg (685×457)

Fungsinya adalah untuk mengubah daya listrik menjadi energi gerak. Adapun prosesnya berasal dari kerjasama elektromagnetik serta magnet permanen di dalam dinamo tersebut. Dengan komponen seperti ini menjadikan mobil listrik jauh lebih efisien daripada kendaraan konvensional karena pembakarannya sangat sederhana.

  1. Controller

Merupakan sebuah komponen mobil listrik yang dapat Anda manfaatkan sebagai pengatur daya baterai traksi. Kemudian akan meneruskannya ke bagian inverter. Tentunya, bagian controller juga mempunyai peran penting dalam pergerakan kendaraan. Contohnya saja ketika pengemudi mulai menginjakkan pedal.

4c9c9631-0030-4208-8099-eed172c9-20220928105505.jpeg (700×465)

Adanya aktivitas tersebut akan menunjukkan sinyal lalu terkirim ke controller lalu sampai ke baterai agar arus listrik dapat mengalir. Kemudian, bagian pedal mobil akan berfungsi untuk mengontrol besar maupun kecilnya tekanan maupun frekuensi motor sehingga akan mempengaruhi pergerakan kendaraan nantinya.

  1. DC Converter

Perlu Anda ketahui, bahwa DC Converter dapat bermanfaat untuk mengubah arus DC dengan tegangan tinggi menjadi arus yang bertegangan lebih rendah. Tentunya proses tersebut sangat vital agar nantinya arus kelistrikan dapat berubah menjadi gaya gerak pada komponen kendaraan.

DC-Converter.jpg.webp (700×465)

Terutama pada bagian komponen-komponen yang memang memerlukan arus listrik dengan tekanan tidak terlalu tinggi. Selain itu, masih ada beberapa peran penting lainnya dari DC Converter tersebut. Yakni sebagai alat pengisi daya listrik pada baterai sampai penuh.

  1. Baterai Auxiliary

Merupakan salah satu komponen yang berbeda dari jenis sebelumnya yakni baterai traksi. Adapun istilah lainnya adalah auxiliary battery. Yakni sebuah baterai tambahan untuk menyimpan arus listrik sesuai kebutuhan mobil. Tentunya fungsinya begitu penting aga pengemudi bisa menikmati fitur-fitur kendaraannya.

Seperti untuk menyalakan AC mobil, wiper, lampu, alarm, dan lainnya yang memerlukan energi listrik untuk menggunakannya. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai baterai cadangan ketika baterai traksi mengalami masalah.

  1. Sistem Termal

Tidak jauh berbeda pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, mesin pada mobil listrik kenyataannya juga memerlukan sistem pendinginan. Dengan begitu, pengemudi juga lebih aman dan nyaman untuk menjalankannya dalam jarak jauh sekalipun.

Lantas, apa saja fungsi dari sistem termal pada mobil listrik tersebut? Tidak lain yaitu untuk menjaga suhu motor traksi serta komponen elektrikal lainnya agar suhunya tidak terlalu tinggi. Terutama ketika pengemudi mengoperasikannya dengan kecepatan tertentu serta dalam waktu cukup lama.

Kehadiran dinamo mobil listrik atau charger mobil listrik  tentunya memiliki peran paling vital. Akan tetapi, penggunaannya juga perlu terdukung dengan komponen-komponen lain yang sudah dijelaskan oleh nasionalbisnis pada ulasan di atas. Apabila Anda berminat untuk membeli kendaraan ini, maka tidak perlu ragu karena sistem mesinnya sudah canggih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.