1 lot saham berapa rupiah

Memahami dan Mengetahui nilai 1 lot saham berapa rupiah

Bagi Ada yang ingin memulai petualangannya di dunia investasi, pasti akan sering mendengar lot. Ini merupakan penyebutan dalam transaksi pasar modal. Agar tidak bingung wajib untuk para investor pemula untuk mengetahui dan memahami 1 lot saham berapa rupiah.

Apa itu Lot, Kenapa Sering Muncul di Dalam Transaksi Pasar Modal

Untuk yang belum tahu lot adalah satuan resmi dari BEI (bursa efek indonesia) dalam sebuah transaksi jual beli saham. Umumnya para investor saat hendak membeli atau menjual saham minimal harus 1 lot saham. Sedangkan 1 lot saham bernilai 100 lembar saham sampai saat ini.

Sebagai gambaran, apabila Anda ingin membeli emiten sebuah saham dengan bandrol Rp 500 per lembar. Maka jumlah paling sedikit investor beli adalah 100 lembar. Dengan kata lain uang yang harus investor keluarkan adalah Rp. 50.000.

Apabila Anda memiliki dana sebanyak Rp. 200.000 dalam rekening sekuritas, berarti dapat memperoleh 4 lot saham. Akan tetapi nilai 1 lot saham bisa saja berubah sewaktu-waktu dimana semua ini bergantung pada ketetapan dan ketentuan BEI (Bursa Efek Indonesia).

Alasan Menggunakan Satuan Lot

Sistem lot sendiri pihak BEI gunakan untuk mempermudah proses jual beli saham di pasar modal. Penggunaan satuan ini menjadikan semua transaksi memiliki acuan atau patokan dalam menjalankan segala aktivitas jual beli yang ada.

Seperti penjelasan di atas, bahwa harga 1 lot saham bisa saja berubah dalam jangka waktu pendek. Sebagai investor, Anda harus selalu update dan mengetahui segala informasi tentang harga 1 lot ini setiap waktunya agar tidak tertinggal dan salah ambil keputusan.

Aturan ini juga memberikan semua pihak kemampuan untuk menganalisa dan menentukan transaksi jual beli saham menjadi lebih baik. Sebelum Adanya aturan ini, proses pembelian maupun penjualan saham di pasar modal tidak berjalan secara rapi serta tak terorganisir.

Lalu 1 Lot Saham Berapa Rupiah Kah dan Bagaimana Mengatasinya ?

1 lot saham berapa rupiah ?, pertanyaan ini sering sekali muncul, Satuan lot sekarang menjadi standar untuk menyebutkan nominal instrumen keuangan yang investor ditransaksikan dalam bursa pasar modal. BEI sebagai lembaga dalam hal ini menetapkan standar 1 lot saham berarti 100 lembar saham.

Dalam prakteknya walaupun sudah ada standarisasi nilai 1 lot saham untuk semua perusahaan di pasar modal, harga saham per lot bisa saja berbeda beda. Maka dari itu, tidak heran bila terdapat perusahaan dengan nilai saham 1 lotnya mencapai Rp. 1,5 lembar di mana nominal Rp. 15 juta / lembar saham.

Umumnya sebuah perusahaan yang telah merilis nilai saham ke publik lewat proses IPO menentukan harga 1 lot saham jadi hal mutlak. Maka dari itu, banyak sekali perusahaan dengan harga saham 1 lotnya Rp 15 juta.Selalu ingat bila harga ini bisa berubah sewaktu waktu.

Inilah Beberapa Poin Kenapa Penetapan Satuan Lot BEI Praktekan

Hampir semua investor pemula akan menanyakan tentang tujuan penetapan satuan lot ini pada proses transaksi jual beli saham. Sebenarnya, penentuan ini bukan tanpa tujuan, berikut beberapa poin dari Nasionalbisnis.com mengenai tujuan BEI mempraktekan sistem satuan Lot :

1. Untuk Jaga Nominal Ideal dalam Transaksi Saham

Tujuan utama dari BEI kenapa mempraktekan 1 lot saham dalam proses jual beli di pasar modal adalah untuk menjaga nominal transaksi berjalan secara ideal antara emiten, underwriter dan tentunya investor sebagai seorang pembeli serta penjual saham di pasar modal.

Contoh sederhana, PT DELTA melakukan emisi saham dengan bandrol Rp.1,500/lembar. Apabila saham bisa investor beli per lembar, secara eksplisit akan terjadi transaksi dengan nominal kecil. Tentu praktek ini tidak efisien untuk semua pihak.

2. Untuk Membuat Percepatan dalam Perusahaan Menerima Permodalan

Tujuan lain kenapa BEI mempraktekan sistem lot ini adalah untuk melindungi perusahaan dari investor dengan niat kurang serius. Perusahaan yang telah melakukan emisi saham tentu saja sedang memerlukan bantuan dana atau permodalan dengan nominal besar.

Apabila terdapat investor yang tidak serius dalam menanamkan modal pada sebuah perusahaan tentu penjualan ini akan sia sia. Jika sistem lot tidak BEI praktekan, proses penjualan saham dari sebuah PT akan memakan waktu lebih lama dalam mencari permodalan.

3. Membuat Perhitungan Profit Terlihat Lebih Mudah

Penetapan sistem lot juga memiliki tujuan untuk mempermudah segala pihak melakukan perhitungan profit. Dengan kata lain membantu pelaku pasar modal melakukan simulasi hitung menghitung keuntungan sehingga dapat menentukan dividen atau yield secara akurat.

Contohnya, PT Sigma dengan harga saham Rp 865/lembar telah mengalami kenaikan bandrol jadi Rp 1,125/lembar. Untuk menghitung produk per lembar dengan sistem lot, maka profit berinvestasinya PT Sigma jadi Rp 260 ribu per lotnya, dengan modal Rp 865 ribu.

4. Untuk Memikat Semua Kalangan Masyarakat Agar Berinvestasi

Tujuan lain kenapa penetapan sistem 1 lot saham sangat penting untuk semua pihak yang terlibat dalam transaksi jual beli saham di pasar modal adalah guna menarik minat semua kalangan masyarakat agar tertarik melakukan aktivitas investasi saham.

Perhitungan pembagian laba dengan sistem lot lebih adil, sehingga hal ini bisa saja mengundang masyarakat luat untuk ikut dalam melakukan investasi. Tentu saja ini dapat membuat beberapa perusahaan yang sedang beremisi bisa cepat mendapatkan permodalan dari investor public.

Tips Untuk Mempermudah Investor Pemula dalam Berinvestasi

Setelah membaca dan mengetahui berbagai hal tentang dunia investasi serta jual beli saham di pasar modal. Mungkin saja Anda mulai tertarik memulai petualangan di dunia ini, sebelum itu alangkah baiknya memperhatikan tips tips investor pemula sebagai berikut :

1. Pastikan Untuk Tahu Secara Detail Harga Lot Saham Target

Penting untuk para investor pemula memperhatikan harga lot saham target secara detail sebelum membelinya. Anda setidaknya perlu mempelajari rata rata 1 lot saham dari perusahaan target, dimana nantinya menanamkan dana di sana.

Perlu Anda ketahui bila faktanya, makin bagus sebuah reputasi dari perusahaan, harga per lotnya juga akan semakin besar. Secara eksplisit, perusahaan dengan nilai laba tinggi dan kinerja laporan sehat pastinya menawarkan harga per lot saham berbandrol cukup tinggi.

2. Melakukan Analisa Prospek dan Membeli 1 Lot Saham atau Lebih

Penting juga untuk para investor pemula agar bisa menabung uang sebanyak banyaknya sebelum terjun ke dunia investasi ini. Jika perusahaan investasi Anda punya harga saham 1 lot tinggi, setidaknya bisa menyimpan dana dulu dan menabungnya sampai cukup untuk membeli lebih dari 1 lot saham.

Proses menabung ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selama itu, lakukanlah analisis kecil tentang prospek saham perusahaan sudah Anda targetkan tadi. Memang investasi di pasar modal sangat berpengaruh pada kemampuan investor untuk melakukan analisis serta berpikir kritis.

Demikian informasi mengenai 1 lot saham berapa rupiah. Dengan mempelajari hal ini, ilmu pengetahuan Anda tentang perdagangan di pasar modal meningkat. Istilah lot jadi hal fundamental untuk para investor pahami serta ketahui penggunaanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.