Dampak Industri 4.0 untuk Bisnis di Indonesia

Sebelum mengulas dampak industri 4.0 untuk bisnis di Indonesia, lebih dulu kita ulas apa yang dimaksud dengan industri 4.0 tersebut. Revolusi keempat ini mempengaruhi berbagai sektor kehidupan, diantaranya berbagai pergolakan politik, sosial, ekonomi, budaya.

Pada revolusi ketiga, teknologi digital sudah dilahirkan, kemudian pada kesempatan keempat ini segala sesuatunya akan dibuat lebih lagi. Kemajuan zaman seperti ini akan terus berlangsung selama abad ke-21 di seluruh dunia.

Dua hal yang diperhatikan dalam industri 4.0 untuk bisnis adalah internet of thing dan internet of system yang terkombinasi menjadi satu. Revitalisasi industri di Indonesia secara menyeluruh dirangkum menjadi Making Indonesia oleh Presiden Joko Widodo pada 2018.

Presiden menaruh harapan besar terhadap langkah dari tahun 2018 tersebut, yaitu agar Indonesia menempati posisi top 10 di bidang ekonomi secara global pada tahun 2023. Setidaknya ada 5 sektor industri yang dikedepankan, yaitu makanan, tekstil, elektronik, kimia, dan otomotif.

Peluang Berbisnis di Era Industri 4.0

Peluang industri 4.0 untuk bisnis di Indonesia dapat juga untuk dilihat dari beberapa jenis potensi menjalankan usaha berikut ini:

  1. On Demand Service

Salah satu penggambaran terbaik bagi usaha ini adalah transportasi online, dimana Anda hanya bisa untuk mendapatkannya ketika menginginkan servis tersebut. Nilai fleksibel pada jenis usaha seperti ini akan membuat manusia generasi sekarang, terutama milenial menyimpan suatu ketertarikan.

  1. Software As a Service

Untuk bagian ini dilakukan dari pebisnis terhadap pebisnis lainnya, seperti pembuatan website bagi perusahaan. Seseorang dengan keahlian tertentu di bidang perangkat lunak akan memiliki klien utama, dimana pihak tersebut menggunakan software demi urusan ekonomi.

  1. Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah sebuah wadah yang menghimpun penggunaan drive maupun dropbox dalam era digital seperti sekarang. Keuntungan memanfaatkan cloud karena maksimum penyimpanan tidak terbatas, serta tidak memiliki ketergantungan pada perangkat tertentu.

  1. Online Marketing

Jika dulu pekerjaan marketing adalah mengetuk rumah demi rumah atau mengunjungi klien satu demi satu, maka kini melalui perkembangan teknologi digital semua dapat dimudahkan. Anda dapat hal terbaik asalkan kemampuan berkomunikasi benar-benar sangat jempolan.

Selain itu, berbagai industri 4.0 untuk bisnis yang menjanjikan juga dapat dilihat dari adanya financial technology atau fintech melalui pemanfaatan teknologinya. Fintech memberikan kemudahan setiap orang melakukan peminjaman dana secara online, bukan konvensional.

Efek Revolusi Industri 4.0 dalam Dunia Bisnis

Revolusi industri 4.0 untuk bisnis apabila melirik peluang di atas dapat memudahkan sistem kerja para pengusaha. Dalam hal lain, para pekerja juga dituntut untuk mengikuti sebuah perkembangan zaman, terutama menyesuaikan diri dengan kecepatan kemajuan teknologi digital terkini.

Persaingan dalam berbisnis selalu ada, namun kali ini daya saingnya jauh lebih cepat dari perkiraan. Jika dulu tenaga manusia banyak dimanfaatkan dalam dunia manufaktur, kini nyaris semua pabrik memanfaatkan robot demi meningkatkan daya saing di pasaran.

Robot memiliki keunggulan bekerja selalu sama, sesuai dengan apa yang diperintahkan, termasuk ketepatan waktu. Ketika semua proses setiap harinya sudah bisa diprediksikan, maka pengusaha bisa lebih detail membuat peta pasar pada saat produknya selesai diproduksi.

Tenaga kerja di pabrik atau bagian produksi bukan satu-satunya alasan industri 4.0 untuk bisnis ini memiliki dampak besar. Efek lainnya juga berpengaruh terhadap manajemen perusahaan, dimana contohnya sudah tersedia aplikasi akuntansi untuk keuangan perusahaan.

Aplikasi dan robot adalah dua hal penting untuk mendukung terlaksananya revolusi industri keempat dalam berbagai bidang. Hal tidak kalah penting dari revolusi berbisnis ini adalah pemetaan pasar, sesuatu krusial demi menandai wilayah kekuasaan dari pesaing lain.

Startup di Indonesia yang Tidak Terlepas dari Pengaruh Teknologi Digital

Dari sekian industri 4.0 untuk bisnis, startup adalah salah satu dampak berikut peluang besar di tanah air. Saat ini sudah banyak bidang diambil para pengusaha baru, seperti transportasi online, tempat jual beli online, sarana memesan tiket secara online, dan banyak lagi lainnya.

Umumnya bisnis startup memang tidak terlepas dari pengaruh teknologi digital, bahkan lima kategori yang masuk ke startup unicorn adalah para pengembang kemajuan digital. Startup unicorn adalah bidang usaha dengan penghasilan di atas 14 triliun rupiah atau 1 miliar dolar.

Istilah industri 4.0 untuk pertama kali hadir di Jerman pada tahun 2011 dan merupakan tanda bagi kemajuan teknologi digital secara pesat. Kemajuan teknologi seperti ini bisa disebut sebagai revolusi karena memberi dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan.

Terutama dalam hal bisnis, pengaruhnya pesat ditandai berbagai kemunculan startup tanah air oleh generasi muda. Kemunculan perusahaan yang minimal baru 5 tahun berdiri ini semakin dipertegas dengan adanya istilah Unicorn bagi beberapa startup tersukses.

Efek industri 4.0 untuk bisnis bahkan terlihat ditandai dengan semakin banyaknya orang menjadi wirausaha mandiri di bidang dunia kreatif. Semakin banyak anak muda mau berperan aktif sebagai pemimpin, bukan lagi menjadi anak buah atas perusahaan asing.

Digitalisasi Bisnis di Era Industri 4.0

Tidak dapat dihindari, memasuki era industri 4.0 untuk bisnis ini, setiap pengusaha harus memprioritaskan layanan digital demi membuat perusahaan mampu bersaing satu sama lain. Persaingan yang cepat membuat semua pergerakan tidak bisa berjalan begitu lambat. Ide bisnis baru dan inovasi harus dijalankan oleh setiap pengusaha.

Beberapa perusahaan yang sudah berdiri dan menjalankan sistem secara konvensional perlu memberitahukan informasi umum kepada publik, terutama produk atau layanan yang dihasilkan. Publikasi prestasi juga bisa menjadi nilai tambah terhadap citra perusahaan.

Pergerakan dalam dunia bisnis digital dapat menjadi kabar baik apabila strateginya lancar untuk menggaet pasar secara luas. Bagi para pebisnis baru dapat menjajal usaha daring dengan keuntungan tidak perlu menyewa tempat untuk menjajakan berbagai produk.

Hal utama yang dipentingkan ketika masuk ke industri matahari terbit atau sunrise industry adalah internet. Ketersediaan internet berkoneksi bagus memungkinkan para pebisnis melakukan promosi secara daring maupun menjangkau pangsa pasar secara lebih luas lagi.

Digitalisasi adalah suatu terobosan baru dengan berbagai keuntungan efektivitas maupun efisiensi dalam berbagai aspek. Bisnis seperti ini dibangun dengan relevansi terhadap kehidupan terkini dengan tujuan agar semua orang dapat berperan aktif memajukan perekonomian.

Kini bukan saatnya lagi menunggu hasil wawancara dan berusaha melamar hingga putus asa. Industri 4.0 untuk bisnis memungkinkan siapa saja menjadi wirausaha kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.